Pemerolehan bahasa atau akuisisi bahasa adalah proses yang berlangsung didalam otak kana-kanak ketika dia memperoleh bahasa pertamanya atau bahasa ibunya.Pemerolehan bahasa biasanya di bedakan dengan pembelajaran bahasa. Pembelajaranbahasa berkaitan dengan prosese-proses yang terjadi pada waktu seorang kanak-kanak mempelajari bahasa kedua setelah dia memperoleh bahasa pertamanya. Jadi,pemerolehan bahasa berkenaan dengan bahasa pertama, sedangkan pembelajaran bahasaberkenaan dengan bahasa kedua.Selama pemerolehan bahasa pertama, Chomsky menyebutkan bahwa ada duaproses yang terjadi ketika seorang kanak-kanak memperoleh bahasa pertamanya. Prosesyang dimaksud adalah proses Kompetensi dan proses Performansi. Kedua proses inimerupakan dua proses yang berlainan. Berikut penjelasannya:1) Kompetensi adalah proses penguasaan tata bahasa (fonologi, morfologi,sintaktis, dan semantik) secara tidak disadari. Kompetensi ini dibawa olehanak sejak lahir. Meskipun dibawa sejak lahir, kompetensi memerlukanpembinaan sehingga anak-anak memiliki performansi dalam berbahasa.2) Performansi adalah kemempuan anak menggunakan bahasa untuk berkomunikasi. Performansi terdiri dari dua proses, yaitu prosespmahaman dan proses penerbitan kalimat-kalimat. Proses pemahamanmelibatkan kemampuan mengamati atau mempersepsi kalimat-kalimatyang didengar, sedangkan proses penerbitan melibatkan kemampuanmenghasilkan kalimat-kalimat sendiri.Chomsky juga beranggapan bahwa pemakai bahasa mengerti struktur daribahasanya yang membuat dia dapat mengkreasikan kalimat-kalimat baru yang tidak terhitung jumlahnya dan membuat dia mengerti kalimat-kalimat tersebut. Jadi dapatdisimpulkan bahwa, kompetensi adalah pengetahuan intuitif yang dipunyai seorangindividu mengenai bahasa ibunya (native language). Intisi linguistik ini tidak begitu sajaada, tetapi berkembang sejalan dengan pertumbuhan anak, sedangkan performansi adalahsesuatu yang dihasilkan oleh kompetensi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar